Tren Kecantikan Lokal dari ZAP Beauty Index 2023

 

Selama delapan tahun ZAP telah melakukan survei ZAP Beauty Index dan setiap tahun selalu ada kejutan dan hasil temuan menarik yang didapat. ZAP Beauty Index diadakan karena awalnya sulit ditemukan data mengenai kecantikan yang ada di Indonesia. Sehingga menurut CEO dan Founder dari ZAP Clinic Fadhli Sahab diperlukan survei baik internal dan juga data secara luas dan komprehensif yang bisa dibagikan kepada masyarakat luas. 

 

“Selama tiga bulan ZAP berkolaborasi bersama MarkPlus berhasil melakukan survei terhadap 9010 perempuan dari 14 jangkauan domisili responden di seluruh Indonesia dengan tentang usia 12-66 tahun. Ini termasuk Provinsi Papua untuk mendapatkan hasil riset yang dapat dipublikasikan mengenai konsumen dan industri kecantikan di Tanah Air. Tahun 2022  lebih spesial dari tahun lalu, karena biasanya 6000 tahun ini mencapai 9000 Perempuan Indonesia,” lanjut Fadhli di acara ZAP Beauty Index 2023 di Hotel Ashley, Tanah Abang (7/12).

 

BACA JUGA:

Mengikis Bercak Gelap Bandel pada Wajah

2023 Beauty Look: Clean & New Natural

 

Menariknya, jika tahun-tahun sebelumnya tidak pernah memasukkan pertanyaan-pertanyaan tentang pria, karena ZAP Beauty Index lebih fokus ke Perempuan, tahun ini data mengenai pria juga diikutsertakan dalam pertanyaan. Feriani Chung, Chief Marketing Officer ZAP Clinic menjelaskan, “Kepercayaan Perempuan  Indonesia terhadap klinik kecantikan semakin meningkat dari tahun ke tahun. ZAP Beauty Index 2023 dapat menjadi masukan bagi kami untuk terus menggali hal-hal yang relevan dan dibutuhkan perempuan Indonesia dalam mempercantik diri. Kami senang setiap tahun perempuan dan pria semakin concern dengan perawatan diri mereka, mulai dari kepala hingga kaki.”

 

Secara konsisten ZAP Beauty Index kembali merilis sejumlah temuan menarik. Beberapa di antaranya adalah popularitas brand lokal, pengaruh influencer, tren kecantikan, hingga perubahan kebiasaan terkait kecantikan pada masa post-normal. ZAP Beauty Index 2023 juga menjadi lebih spesial, karena memuat lebih banyak pendapat perempuan tentang tipe pria idaman.

 

 

 

Bagaimana pria yang sempurna di mata para perempuan Indonesia? Perempuan menyukai pria yang peduli dengan penampilan diri. Mayoritas mereka setuju jika pria memerlukan perawatan kulit. Sebanyak 95,1% perempuan mengapresiasi para pria yang menggunakan skincare setiap hari secara rutin. Dengan persentase 82,9% perempuan setuju bahwa penting bagi para pria untuk melakukan perawatan kulit di klinik. Temuan ini menjadi bukti bahwa perempuan tak lagi menganggap skincare dan treatment hanya khusus diperuntukkan bagi mereka, karena untuk menjadi pria idaman kaum Hawa, pria perlu merawat diri dan memperhatikan penampilan fisik.

 

Terkait pesona dan fisik, 87.5% perempuan Indonesia paling menyukai pria yang memiliki personality dan attitude yang baik. Pengetahuan yang luas dan wangi, berada di posisi kedua dan ketiga dengan persentase masing-masing 77.3% dan 67.5%. Selain itu, tinggi badan di atas rata-rata, hidung mancung dan bahu/dada yang bidang juga mudah membuat para perempuan mudah jatuh hati.

 

Brand kecantikan lokal berhasil memenangkan hati para perempuan Indonesia tahun ini. Lebih banyak perempuan yang mempercayakan perawatan kulitnya pada brand lokal, dibandingkan luar negeri. Sebanyak 96.8% perempuan Indonesia menggunakan produk skincare buatan Indonesia.

 

BACA JUGA:

 

Beauty Inside Out

Siapkan Rambut Lurus Natural untuk Perayaan Akhir Tahun

 

Bahkan, terdapat 19% perempuan yang mengaku menggunakan brand lokal secara eksklusif untuk merawat kulit mereka. Antusias para perempuan untuk memakai brand kecantikan lokal dapat terlihat dari produk-produk skincare dan makeup lokal yang semakin beragam dan inovatif. Empat produk teratas yang paling disukai dan banyak digunakan  oleh para perempuan Indonesia adalah serum, facial wash, sunscreen dan pelembap.

 

Tahun ini produk dan layanan dari klinik kecantikan semakin menjadi favorit Perempuan Indonesia. Selain produk over the counter, melakukan perawatan di klinik kecantikan menjadi salah satu kegiatan favorit mereka. Beauty influencer memberikan pengaruh besar dalam mengonsumsi produk-produk kecantikan. Namun, di tengah banyaknya brand yang menunjuk brand ambassador artis atau musisi terkenal dari Korea, nyatanya ZAP Beauty Index 2023 membuktikan bahwa influencer lokal masih menjadi acuan untuk lebih dipercaya. Selain Instagram, ternyata tahun ini TikTok turut memberikan pengaruh besar di mana sebanyak 51.5%  perempuan mengakses media sosial ini untuk memperoleh informasi terkait kecantikan. (Elly | Foto: Dok. ZAP)