Ajang Teknologi Terbaru CES 2023 Digelar di Las Vegas

 

Didominasi produk kecerdasan buatan alias Artificial Intelligence (AI), pameran Consumer Electronics Show (CES) 2023 berlangsung meriah. Dibuka pada Kamis (5/1/2023) di Las Vegas, Amerika Serikat, pameran ini menghadirkan berbagai inovasi transportasi dan mobilitas terbaru, hingga kesehatan digital, Web3, metaverse serta banyak lagi.

 

Diikuti 115.000 profesional dari berbagai latar belakang industri, CES 2023 menandai acara teknologi global terbesar yang diaudit sejak awal 2020. Bertajuk ‘Human Security for All’, acara ini didukung oleh United Nations Trust Fund for Human Security and the World Academy of Art and Science on the Human Security for All (HS4A).

 

BACA JUGA:

Sharp Luncurkan TV 4K AQUOS XLED pada CES 2023

Empat Seri Printer Ink Tank Teranyar Canon untuk Berbagai Kebutuhan Cetak

 

Produk yang diluncurkan di CES 2023 diciptakan untuk mengatasi masalah global, seperti akses ke air bersih, ketahanan pangan, infrastruktur kota pintar, solusi energi berkelanjutan, keamanan pribadi, dan lainnya. CES juga menampilkan teknologi aksesibilitas terbaru, dengan inovasi yang membantu komunitas disabilitas.

 

“CES 2023 adalah penyambungan kembali yang luar biasa, mulai dari jumlah peserta, hingga debut produk di pameran menunjukkan pada dunia bahwa acara tatap muka telah KEMBALI!” kata Gary Shapiro, selaku presiden dan CEO CTA, dalam keterangan pers.

 

 

“Inovasi yang diluncurkan minggu ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan perubahan dengan cara yang berarti untuk meningkatkan kehidupan kita dan menciptakan masa depan yang lebih baik untuk generasi berikutnya,” tutupnya.

Top Trend di CES 2023

Diikuti berbagai perusahaan global, seperti Abbott, Amazon, BMW, Canon, dan lainnya, CES 2023 menyoroti pentingnya kolaborasi. Beberapa top trend di bidang otomotif, misalnya berfokus pada teknologi self-driving, kendaraan listrik, dan perangkat mobilitas pribadi untuk darat, udara, maupun laut. Para ekshibitor otomotif, yaitu Candela Marine Technology, GM, Italdesign Giugiaro, Magna, Mercedes-Benz, MobilEye, Waymo, RYSE and Volvo Penta.

 

BACA JUGA:

Canon Hadirkan Lensa Telefoto Medium dan Speedlite Terbaru

Zenbook 17 Fold OLED Laptop Layar Lipat Pertama di Dunia

 

Bidang kesehatan digital CES 2023 membawa lebih banyak inovasi dan merek kesehatan digital ke panggung global, menunjukkan betapa pesatnya pertumbuhan pasar. Di antaranya inovasi terapi digital, kesehatan mental, teknologi kesehatan wanita, dan pengobatan jarak jauh. Peserta pameran pada bidang ini, yakni Abbott, LOTTE Healthcare, MedWand Solutions and Omron Healthcare.

 

 

CES 2023 juga menjadi ajang perkenalan sekitar 1000 startup dari Jepang, Prancis, Hong Kong, dan berbagai negara serta kawasan lain. Ada yang mengangkat tentang solusi kertas terbarukan untuk mengurangi emisi CO2, teknologi AI untuk mengurangi sampah makanan, hingga teknologi solar untuk menangkap energi listrik dan termal. Meskipun pameran telah berakhir pada Minggu (8/1/2023), konten-konten on demand tetap tersedia hingga bulan Februari mendatang di CES.tech.