Sederet Fakta Film Dear David

 

Dear David film Netflix Original Indonesia resmi ditayangkan beberapa waktu lalu. Film garapan sutradara Lucky Kuswandi ini dibintangi oleh Shenina Cinnamon, Emir Mahira, dan Caitlin North Lewis.

 

Dear David menceritakan tentang seorang murid dengan prestasi cemerlang dan pemegang beasiswa bernama Laras (Shenina Cinnamon). Dia memiliki sebuah blog rahasia berisi berbagai fantasinya tentang David (Emir Mahira), pemain sepak bola di sekolah yang dia sukai.

 

Baca Juga:

Uniknya Grass Sneaker Berharga Fantastis

Kampanye Bukti #BanyakMaknaCinta SilverQueen Ajak Masyarakat Tunjukkan Kasih Sayang dengan Aksi Nyata

 

Sayangnya, reputasi dan masa depan Laras harus dipertaruhkan ketika blog tersebut terbongkar secara tidak sengaja. Pasalnya, Laras tidak menyadari bahwa dia gagal menutup laman blognya seusai menulis di salah satu ruang di sekolahnya. Setelah itu, kisah-kisah tulisannya pun ramai diperbincangkan dan dibaca seluruh murid sekolah.

 

 

Dear David mengangkat cerita cinta remaja dan mengeksplorasi berbagai topik yang dekat dengan kehidupan mereka, dari persahabatan, seluk-beluk media sosial, institusi sekolah, pendewasaan diri, hingga upaya untuk menerima diri sendiri.

 

Eddy selaku Content Lead Netflix Indonesia, menjelaskan “Eksplorasi genre film menjadi hal yang sangat penting untuk Netflix. Selain itu fokus kami adalah menghadirkan cerita yang relevan dengan penonton lokal. Jika sukses di negeri lain, itu bukti bahwa ceritanya memang kuat dan relevan.”

 

 

Di sisi lain, Produser Muhammad Zaidy dari Palari Films menambahkan, “Ide cerita yang datang dari penulis muda Winnie Benjamin di Palari Films memang terinspirasi dari kehidupan pribadinya sebagai penulis yang punya blog dan menulis fanfiction. Kami merasa ini unik dan menarik untuk dieksplorasi serta relevan dengan anak muda saat ini, juga cocok bagi mereka yang sudah melewati fase itu dan menemukan diri kembali.”

 

Berikut, beberapa fakta menarik tentang film Dear David:

  • Film ini mengisahkan cinta segitiga, krisis identitas, eksplorasi seksualitas, bahkan hingga persimpangan hidup remaja dengan media sosial menjadi benang merah.
  • Tayang perdana pada 9 Februari 2023, Dear David adalah film kedua Netflix setelah The Big4. Diproduksi oleh Palari Films, film ini ramai dibicarakan warganet, karena mengangkat isu yang cukup sensitif dan dianggap menormalisasi pelecehan seksual terhadap laki-laki. 
  • Salah satu yang disampaikan film ini adalah betapa pentingnya menjaga privasi seseorang. Di film ini, privasi orang tampak tidak dijaga dan dianggap sepele.
  • Selain menceritakan tentang pelecehan seksual, film ini juga menyoroti isu kesehatan mental yang ternyata selama ini dialami oleh David. Sayangnya, kondisi tersebut harus dihadapi sendirian oleh seorang remaja dan tidak pernah ada yang tahu.

 

(Indah | Foto: Dok. Netflix)