Citra Terus Dorong Pertumbuhan Perempuan Indonesia

 

Citra terus membuktikan komitmennya terhadap kemajuan perempuan Indonesia melalui program ‘Tangan-tangan Cantik Citra’. Kali ini, Citra memberikan apresiasi dan dukungan untuk para perempuan yang berkarya di bidang kreatif. Di program ini, Citra menggandeng Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Kemenparekraf RI).

 

Turut terlibat pula SEMASA yang membantu perkembangan usaha 135 UMKM berbasis ekonomi kreatif. Tak hanya itu, Citra juga memberikan penghargaan “Piala Citrapreneur” bagi 20 UMKM Perempuan Terbaik. Acara puncak penghargaan ini digelar di “Citra SEMASA Piknik 2024” pada 31 Mei-2 Juni 2024 di Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

 

 

Baca Juga:

Glowies Beauty Bangun Bisnis Perawatan Bulu Mata

Koleksi SATURDAYS Junior Resmi Diperkenalkan untuk Anak-Anak Penerus Bangsa

 

 

“Citra konsisten melakukan berbagai inisiatif untuk mendampingi perempuan menjadi lebih berdaya. Melanjutkan purpose-nya, melalui program ‘Tangan-Tangan Cantik Citra’ kami berupaya memberi dampak nyata pada kemajuan UMKM perempuan dengan menggandeng Kemenparekraf RI dan SEMASA dalam menghadirkan ‘Piala Citrapreneur’, penghargaan yang mendorong sebanyak mungkin UMKM perempuan di bidang kreatif memaksimalkan potensi diri dan bisnis mereka,” ujar Putri Paramita selaku Beauty & Wellbeing Marketing Lead Unilever Indonesia.

 

Ajang ‘Piala Citrapreneur’ telah dimulai sejak Maret 2024 dan diikuti lebih dari 400 peserta. Setelah proses penjurian, 20 UMKM perempuan terpilih memiliki kesempatan untuk bertumbuh melalui peningkatan kompetensi serta dana dan media usaha senilai total lebih dari Rp650 juta.

 

Di sisi lain, dari 60,5% kontribusi UMKM terhadap PDB Nasional, hampir 65% pelaku UMKM dimotori tangan perempuan Indonesia. Kontribusi mereka bahkan diproyeksi akan mencapai US$ 135 miliar pada 2025. Namun, masih ada banyak tantangan yang mereka hadapi, salah satunya adalah keterbatasan modal yang dialami 40% UMKM perempuan.

 

 

 

 

“Saya terus mendorong 3G: Gercep (Gerak Cepat) karena kita tidak bisa lagi hanya berjalan untuk mengejar Indonesia Emas 2045; Geber (Gerak Bersama) karena kita tidak bisa sendiri, harus merangkul kolaborator termasuk dunia usaha; dan Gaspol dengan meng- gas semua potensi yang dapat menciptakan lapangan usaha dan lapangan kerja,” tutur Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

 

Dia melanjutkan, “Tahun ini juga jumlah tenant-nya meningkat, menunjukan bahwa ini event yang sangat strategis. Jadi saya mengapresiasi kerja sama SEMASA selaku inisiator dan penyelenggara ‘SEMASA Piknik’ dan Citra sebagai kolabulator utama. Semoga event ini berdampak pada ekonomi bangsa dan berkontribusi positif dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.”

 

Selain menampilkan 20 UMKM pemenang “Piala Citrapreneur”, di “Citra SEMASA Piknik 2024” Citra juga menghadirkan berbagai aktivitas menarik. Salah satunya adalah booth yang dilengkapi dengan berbagai kegiatan kreatif, dan ragam inspirasi untuk mendorong kreativitas perempuan di Galeri Cantik Citra.