Muslim Life Fest Hadirkan Muslim Life Trade

 

Setelah sukses di Jakarta, gelaran event bisnis produk halal dan industri syariah, Indonesia Muslim Lifestyle Festival (Muslim Life Fest), akan digelar lagi di Indonesia Convention Exhibition BSD (ICE BSD). Diikuti 298 exhibitor, pameran yang diadakan pada 26-28 Agustus 2022 ini mengusung tema #salingdukung.

 

Menempati area seluas 10.000 meter persegi, ratusan tenant, baik dari Jabodetabek maupun daerah lainnya siap menampilkan berbagai kebutuhan produk halal dan Islami. Mulai dari modest fashion, Islamic education, hobbies and communities, Islamic book & publisher, halal travel, thibbun nabawi herbal, beauty & pharmaceutical, hingga Zona Kuliner Halal Aman & Sehat (KHAS).

 

 

Ekshibisi kali ini cukup istimewa, karena menghadirkan Muslim Life Trade yang merupakan zona khusus perdagangan ekspor produk halal ke sejumlah negara. Dalam konferensi pers, Ketua Umum Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) Rachmat Marpaung mengatakan, telah terkonfirmasi sebanyak 650 buyer dari berbagai negara. Di antaranya Bahrain, Pakistan, Jepang, dan Malaysia yang siap bekerja sama dengan pelaku bisnis produk halal dalam Muslim Life Fest.

 

“Mereka antusias dengan produk pertanian Indonesia, seperti kopi, lada, cengkeh dan produk lainnya. Karena masih dalam suasana pandemi, bussiness matchmaking ini lebih dinamis, bisa dilakukan secara online maupun offline. Data-data kebutuhan buyers dan kesiapan produsen masih terus kami kumpulkan dan pertemukan dengan kebutuhan buyer,” papar Rachmat.

 

BACA JUGA:

APPBI Percepat Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Kampanye Edukasi #AyoMinumBuah untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

 

Muslim Life Fest dan Muslim Life Trade mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk  Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Kementerian Koordinator Perekonomian, Bank Indonesia (BI) dan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Pameran ini sekaligus menjadi bagian dari event road to “Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF)” 2022.

 

“KNEKS mendukung inisiatif KPMI menyelenggarakan event ini. Selain dapat membantu menggerakkan roda usaha para pelaku usaha industri halal, juga dapat membantu upaya peningkatan ekspor produk-produk halal Indonesia ke mancanegara sebagai bagian dari upaya mewujudkan Indonesia menjadi Pusat Produsen Produk Halal Tahun 2024,” papar Putu Rahwidhiyasa, Direktur Bisnis dan Kewirausahaan Syariah, Manajemen Eksekutif KNEKS.

 

 

Achmad Iqbal, Deputi Direktur Akselerasi dan Kemitraan Usaha Syariah Deputi Direktur Akselerasi dan Kemitraan Usaha Syariah, KNEKS dalam pernyataannya pada konferensi pers hari ini menandaskan, Indonesia telah banyak melakukan lompatan yang menaikan peringkat Indonesia di pasar produk halal dunia.

 

Direktur PT Lima Event Indonesia (Lima Events), Deddy Andu, mengatakan event ini diharapkan mampu membangkitkan ekonomi umat sekaligus mengajak peserta untuk bangkit, berkarya, berproduksi, bermuamalah kembali secara offline melalui kegiatan pameran. Melihat antusiasme pengunjung dari penyelenggaraan pameran sebelumnya di Jakarta dan Yogyakarta, Andu optimis kegiatan Muslim Life Fest 2022 bisa menarik perhatian 40 ribu pengunjung.