Menyelami Pemikiran Soedjatmoko melalui Pameran Arsip dan Diskusi Publik

 

 

Nama Soedjatmoko cukup populer di kalangan intelektual. Sosok yang lebih dikenal sebagai Koko ini sempat terjun ke dunia jurnalistik sebelum menjadi diplomat ketika Indonesia merdeka. Pada masa Orde Baru, dia diangkat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat dari 1968 hingga 1971.

 

Sebagai intelektual, Soedjatmoko mengembangkan gagasan-gagasannya mengenai masyarakat, alam atau lingkungan hidup, ilmu dan teknologi serta pergaulan antarbangsa. Dia seakan-akan memiliki intuisi intelektual untuk menangkap pertanda zaman dan lantas mengembangkannya dalam pemikiran-pemikiran yang mendahului zamannya atau yang lebih maju dari status quo zamannya.

 

BACA JUGA:

CIMB Niaga Finance Rilis Sukuk Wakalah Bi Al-Istitsmar

Bike to Care 2023 Rute Lombok Loop akan Tempuh 370 KM

 

Keluarga Soedjatmoko menyimpan banyak arsip berupa dokumen, foto, surat/korespondensi, dan arsip lain yang menarik untuk ditelisik. Kegemaran menyimpan dan merapikan arsip-arsip perjalanan Soedjatmoko, dilakukan Ratmini Gandasubrata, istri Soedjatmoko. Kegemaran ini menjadi pemantik keluarga Soedjatmoko untuk menyajikannya dalam platform www.membacasoedjatmoko.com dan pameran Soedjatmoko. Tujuannya untuk membaca dan melihat kembali bagaimana seorang intelektual hadir, tumbuh, dan mencurahkan pikirannya untuk sebuah bangsa.

 

 

Pameran arsip keluarga ini disertai serangkaian diskusi publik bertajuk 'Membaca Soedjatmoko dari Rumah dan Ingatan'. Diselenggarakan pada 10-14 Januari 2023 di kediamannya di Menteng, Jakarta, pameran dikuratori Esha Tegar Putra (pegiat arsip) dan Kelana Wisnu (peneliti, jurnalis investigasi, dan editor). Selain pameran arsip, pameran ini menampilkan karya respons dari Danya Adhalia, Banu Karim, Samitra Burgess, dan Liam Burgess.

 

 

“Pameran ini merupakan penutup atas rangkaian kegiatan selama satu tahun, sejak 10 Januari 2022, memperingati 100 tahun Soedjatmoko dengan cara membaca gagasan- gagasannya dalam konteks hari ini dan ke depan,” ujar Kamala Chandrakirana, putri sulung Soedjatmoko.

 

Rumah Soedjatmoko dibuka untuk umum dengan pembatasan kuota dan pemesanan tiket gratis melalui Loket.com di tautan www.loket.com/event/rumahmembacasoedjatmoko. (Nur A | Dok. Keluarga Soedjatmoko)