Bangun Persaudaraan dan Kekompakan Antaranggota

Komunitas XL7 Owner Indonesia (XLOW Indonesia)

Bermula dari perbincangan dan diskusi yang dilakukan sebagai sesama pengguna mobil Suzuki XL7 di media sosial, mereka akhirnya memutuskan untuk menggelar kopi darat (kopdar) di wilayah Bekasi. Seiring berjalannya waktu, jumlah orang yang bergabung ternyata semakin banyak. Akhirnya, Komunitas XL7 Owner Indonesia (XLOW Indonesia) pun akhirnya didirikan pada 13 Desember 2020 lalu. Mendeklarasikan diri sebagai komunitas pada masa pandemi Covid-19, berbagai tantangan ditemui para member-nya.

 

“Luar biasa, karena pada masa pandemi kami jarang melakukan pertemuan dan hanya di media sosial, serta komunikasi melalui whatsapp group. Kalaupun kami harus bertemu, memakai prokes. Lebih banyak dan seringnya kami berjumpa secara online, melalui Google meet,” ujar Marwan Liberty Up selaku ketua umum XLOW Indonesia.

 

 

Baca Juga:

Black Rose Tampil Edgy, Bold, dan Modern

Huawei MatePad SE Kids Edition Hadirkan Tablet Aman Sahabat Anak

 

 

Di sisi lain, meski baru dua tahun berdiri, anggota komunitas ini sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia. Saat ini, anggotanya berada di Aceh, Kepulauan Riau, NTT, Sulawesi, dan Kalimantan. Bahkan, di Pulau Jawa sendiri sudah ada dari kota Serang sampai Jawa Timur. Jumlah anggotanya pun terbilang cukup banyak mengingat usia komunitas yang masih begitu muda, yakni lebih dari 400 orang.

 

Menjadi sebuah komunitas yang tersebar di banyak kota, para anggota komunitas ini memiliki kekompakan yang solid. Mereka tidak pilih-pilih untuk saling membantu jika ada member yang mobilnya mengalami masalah dan kebetulan berada tidak jauh dari mereka. Berkat kekompakan tersebut, tidak sedikit pula perempuan yang ikut bergabung di XLOW Indonesia.

 

“Sebagai perempuan, saya pribadi ikut komunitas untuk menambahkan teman dan saudara. Lalu, jika di jalan pecah ban atau ada masalah dan kami tidak bisa mengganti sendiri, kami bisa menghubungi komunitas. Apakah ada anggota lain di sekitar saya. Alhamdullilah, sejauh ini sangat solid. Contohnya, kami pernah mengalami kasus pecah kaca dan kebetulan ada member terdekat, dia pun langsung membantu. Kami berkomunikasi melalui WA Group kepada para angggota di seluruh Indonesia,” ujar Diana salah satu member perempuan di komunitas ini.

 

 

Selain saling membantu antaranggota, komunitas yang baru menggelar acara hari jadi kedua di Bengkel Resmi Suzuki Sejahtera Buana Trada (SBT) Pulogadung, ini juga kerap bahu-membahu menggelar bakti sosial. Salah satunya saat terjadi musibah gempa bumi di Cianjur beberapa waktu lalu.

 

Marwan mengatakan, “Selain touring, salah satu kegiatan rutin XLOW adalah bakti sosial, seperti untuk bencana Cianjur November 2022 lalu. Jadi sebenarnya kami sifatnya have fun saja. Kami banyak sharing tentang kendaraan, jadi ada ilmunya juga yang kami dapat. Bahkan, hingga informasi bagaimana cara membeli mobil lewat Suzuki Finance. Jadi kami berharap teman-teman tidak hanya mengetahui cara membeli mobil, tetapi juga merawat dan menangani mobil jika terjadi kendala.”

 

Ditemui saat acara ulang tahun komunitas yang mengusung tema ‘Loyality & Unity in Diversity’, dia menuturkan semoga ke depannya komunitas ini semakin kompak dan solid. Sebagai ketua umum, Marwan menyadari bahwa setiap hal memiliki kekurangan dan kelebihan.

 

Dia juga berharap sesama anggota komunitas bisa saling membangun dan memberikan saran satu sama lain, jika terjadi masalah dan kekurangan. “Ya, kami juga harus rukun, guyub, supaya kita merasakan eratnya persaudaraan ini,” tandasnya.