Belanja di e-Commerce Diprediksi Masih Jadi Tren Ramadan 2023

 

Momen Ramadan sering kali dimanfaatkan para pelaku bisnis untuk menangguk keuntungan besar. Pasalnya, jumlah pembelian atau belanja masyarakat biasanya naik drastis menjelang bulan puasa dan Hari Raya Idulfitri.  Sebuah laporan menunjukkan bahwa sebanyak 9 dari 10 masyarakat Indonesia berencana untuk berbelanja pada saat Ramadan tahun ini. Sekitar 80% konsumen digital pun akan mempertahankan bahkan meningkatkan penggunaan layanan digital pada 2023.

 

Menurut data internal Tokopedia, selama Ramadan tahun lalu, masyarakat tetap memilih e-commerce untuk berbelanja kebutuhan Ramadan. “Terbukti dari adanya peningkatan jumlah product page view di Tokopedia sebesar lebih dari 50% dan peningkatan jumlah pesanan lebih dari 77%,” ungkap Edwin Chayadi, Vice President of Marketing Solutions Tokopedia, dalam jumpa pers di Bale Nusa, Jakarta, pada Kamis (23/2).

 

BACA JUGA:

Lemonilo Hadirkan Mi Instan Konjaku Bebas Gluten

 

Berdasarkan riset Tokopedia tentang tren Ramadan 2022 tampak masyarakat mulai mencari dan berbelanja kebutuhan Ramadan sejak sebulan sebelumnya. Pencarian dan pembelian tertinggi terjadi pada minggu pertama hingga ketiga Ramadan, atau saat pembagian Tunjangan Hari Raya (THR). Mulai dari produk fashion, otomotif, hingga smartphone menjadi kategori paling banyak dicari sepanjang Ramadan 2022.

 

Pada kesempatan yang sama, Vincent Saputra selaku Chief Operating Officer Kintakun mengatakan akan memanfaatkan solusi menyeluruh dari Tokopedia Marketing Solutions selama satu bulan penuh. Kintakun, meluncurkan paket eksklusif Kintakun x Ji Changwook di Tokopedia.

 

 

Sebelumnya, Kintakun mencatat peningkatan pesanan sebesar 52% dan peningkatan pendapatan sebesar 95% selama Ramadan 2022. Karena itu, brand lokal yang bergerak di bidang perlengkapan tidur, seperti sprei dan bercover serta produk home living, ini akan memaksimalkan fitur Homepage Banner, Dynamic Channel, Tokopedia Play, TopAds, Tokopedia Display Network dan Marketing Services.

 

Sementara Garudafood, salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di Indonesia, juga menerapkan Tokopedia Marketing Solutions, untuk memaksimalkan penjualan dengan hadir di seluruh consumer touchpoints.

 

 

Marketing Director Garudafood, Ferry Haryanto, mengatakan, “Kami meluncurkan 55 varian hampers secara eksklusif di Tokopedia saat Ramadan tahun lalu. Dengan bantuan Tokopedia Marketing Solutions, kami berhasil mencatat peningkatan jumlah pesanan sebesar 143% dan peningkatan pendapatan sebesar 179% selama Ramadan 2022.”

 

Tahun ini, Tokopedia #LengkapiRamadan masyarakat lewat berbagai penawaran menarik dan sederet kampanye. Di antaranya Brand Bazaar Pilihan, Ramadan Ekstra, Serbu Official Store, Waktu Indonesia Belanja, dan CantikFest. Pelaku bisnis bisa berpartisipasi pada berbagai kampanye tersebut untuk menghasilkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan, termasuk selama Ramadan 2023.

 

BACA JUGA:

Peace Peace Peace Jadi Lagu Debut Jenaka Mahila Sudiro

 

“Solusi yang kami tawarkan juga semakin beragam dengan adanya integrasi Tokopedia dengan unit bisnis lain dalam kesatuan ekosistem GoTo. Kami akan terus berupaya membantu pelaku bisnis dari berbagai skala untuk mengakselerasi performa bisnis mereka di Tokopedia dan ekosistem GoTo demi membantu pemerataan ekonomi secara digital,” tutup Edwin.