Koleksi Bloom Hasil Kolaborasi Pengungsi Perempuan

 

Merayakan Hari Perempuan Internasional 2023, Makaila Haifa bersama Mishka Project meluncurkan koleksi terbarunya 'Bloom'. Koleksi yang merupakan hasil kolaborasi dengan perempuan pengungsi di Indonesia ini dapat dirilis berkat dukungan United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR). 

 

Sebelumnya Makaila Haifa melibatkan para perempuan pengungsi di Indonesia dengan pembekalan berbagai keterampilan di bidang fashion. Mulai dari modelling, photography, dan juga peragaan busana pada acara peringatan Hari Pengungsi Internasional, 20 Juni 2022. 

 

BACA JUGA:

Eksklusif Fashion Show The Beauty of Syar'i

Padma, Koleksi bateeq Terinspirasi Batik Pesisir

 

Pada koleksi Bloom ini, Hida pemilik brand sekaligus inisiator Mishka Project, melibatkan Freshteh Jafari (24 tahun). Karya lukis Freshteh yang biasa dipanggil Dilla ini diaplikasikan pada sebagian pakaian dan tas yang menjadi bagian dari 30 koleksi tersebut. 

 

Dilla sendiri merasakan keterikatan dengan koleksi Bloom ini. Ibarat bunga yang mekar dan cantik, pengungsi perempuan asal Afganistan ini ingin menjadi sosok perempuan tangguh yang bangkit dari segala keterbatasan yang dialaminya. 

 

 

Ketika umurnya 20 tahun, Dilla terpaksa tinggal di tenda pinggir jalan dalam kondisi hamil, hingga akhirnya mampu hidup mandiri, bahagia dan percaya diri. Dilla menggunakan keahliannya melukis sebagai bentuk terapi baginya dan sumber penghasilannya sebagai orang tua tunggal yang pernah mengalami kekerasan dalam rumah tangga. 

 

Kolaborasi Makaila Haifa bersama Mishka Project juga turut menghadirkan public figure Nadine Chandrawinata sebagai muse. Selain cantik secara fisik, Nadine aktif pula dalam berbagai kegiatan kemanusiaan dan kepedulian terhadap lingkungan. Dia juga mendirikan Seasoldier sebagai komunitas UMKM yang anggotanya mayoritas perempuan. 

 

BACA JUGA:

Jelang 150 tahun Jeans Ikonik 501®, Levi’s® Rayakan “Kisah Hebat yang Pernah Dipakai”

Tujuh Jenama dan Desainer Indonesia Melenggang di New York Fashion Week 2023

 

Kolaborasi Nadine dengan Mishka Project ini bukan yang pertama kali. Karena itu, dia juga sangat mendukung gerakan women support women yang diusung sekaligus untuk merayakan Hari Perempuan International 2023 yang bertema #EmbraceEquity.

 

Hida sebagai founder Makaila Haifa menceritakan tentang perubahan warna dalam koleksi buatannya. Sesuai tema Bloom menggambarkan perempuan yang percaya diri. Biru sendiri merupakan simbol kekuatan perempuan. 

 

 

“Koleksi Bloom adalah koleksi yang menggambarkan tentang perempuan yang berkembang. Perempuan yang tetap bangkit setelah mengalami keterpurukan dan berdaya, seperti Dilla. Karena sejatinya kekuatan, ketangguhan perempuan untuk berkembang menjadi individu yang lebih berdaya, itulah arti cantik yang sesungguhnya,” pungkas Hida.