Satu Dekade Sukses Berdayakan 3.749 Perempuan Lewat Pelatihan Kecantikan L’Oréal Indonesia

 

Pada momentum hari perempuan internasional, L’Oréal Indonesia merayakan pencapaian 1 dekade L'Oréal Beauty for a Better Life (BFBL). Program keberlanjutan pemberdayaan perempuan yang memiliki keterbatasan sosial ekonomi, agar mereka memiliki kehidupan yang lebih sejahtera melalui kecantikan.

 

Sejak diluncurkan pada tahun 2014, L’Oréal Indonesia menyediakan pelatihan intensif tata rambut dan tata rias yang bersertifikat dan gratis. Bekerja sama dengan 4 lembaga sosial masyarakat di 10 pusat pelatihan yang tersebar di seluruh Indonesia dan telah terbukti berhasil membantu 3749 perempuan Indonesia mendapatkan akses ke dunia kerja dan menjadi lebih mandiri secara ekonomi.

 

BACA JUGA:

Sambut Hari Perempuan Sedunia, Tokopedia Dorong Pelaku UMKM Perempuan Miliki NIB

Dukung Brand Lokal, Oadkids Buka di Plaza Indonesia

 

 

“Komitmen BFBL berdasarkan pada keyakinan kami untuk menciptakan kecantikan yang menggerakan dunia dan Indonesia maju, salah satunya di komunitas di sekitar kita. Bertepatan dengan hari perempuan internasional, kami merayakan 10 tahun perjalanan program BFBL bersama seluruh alumni, mitra, dan keluarga besar L’Oréal BFBL Indonesia. Kami merayakan keberhasilan para perempuan yang telah memperlihatkan tekad luar biasa dalam menghadapi segala keterbatasan dan merayakan keberhasilan mereka untuk meraih kehidupan lebih baik,” ujar President Director L’Oréal Indonesia Junaid Murtaza di acara perayaan 1 dekade BFBL dengan tajuk ‘Transformasi Satu Dekade Perempuan Indonesia Bersama L’Oréal Beauty for a Better Life’ di Habitate, Jakarta Selatan (09/03/2023).

 

Pencapaian ini tidak terlepas dari dukungan empat mitra utama BFBL, yaitu PEKKA, CSR Jababeka, SPeKTRA, dan Yayasan Plan International Indonesia. Dengan operasional program pengembangan keterampilan di 10 pusat pelatihan yang berlokasi di Bekasi, Tangerang, Cianjur, Pemalang, Bali, Lombok, Tanjung Balai, Bone, Surabaya, dan Bantul.

 

 

Melanie Masriel selaku Chief of Corporate Affairs, Engagement and Sustainability, L’Oréal Indonesia menjelaskan, “Sebanyak 84% peserta yang mengikuti program BFBL berstatus pengangguran sebelum mengikuti program. Tetapi 98% alumni mengaku bahwa keterampilan baru yg mereka peroleh melalui program BFBL berdampak positif terhadap pekerjaan mereka saat ini. L’Oréal Indonesia akan terus berupaya untuk mendorong lebih banyak lagi perempuan untuk dapat mengambil langkah dan mendobrak keterbatasan hidup. Tidak hanya dengan menyediakan pelatihan kecantikan yang intensif, tetapi juga pendampingan moril agar meningkatkan kepercayaan diri mereka.”

 

L’Oréal Indonesia turut menghadirkan lima sosok alumni inspiratif sebagai perwakilan alumni program BFBL dari seluruh Indonesia untuk berbagi kisah sukse dalam menumbuhkan rasa percaya diri dan mengatasi berbagai rintangan dalam perjalanan transformasinya. 

 

BACA JUGA:

Terinspirasi Warna Teh Brompton Rilis C Line Matcha Green

Layanan Pemulihan Fisik Hingga Mental dari FWD Insurance

 

Setiap alumni memiliki latar belakang, tantangan dan motivasi berbeda satu dengan lainnya, sebelum akhirnya bergabung dengan BFBL. Mulyani Azura alumni dari Karawang mengalami bencana rumah runtuh, Dhea Putri Natalia alumni dari Bali menghadapi kenyataan bahwa rumahnya telah terkena bencana kebakaran.

 

Amsiyah alumni dari Tangerang, kehilangan pekerjaannya karena di-PHK. Sementara itu, Martiana alumni dari Lombok terpaksa putus sekolah, dan Fitri Wahyuni alumni dari Tanjung Balai adalah seorang penyandang disabilitas. 

 

 

Setiap perempuan tersebut menunjukkan semangat yang kuat dalam mencapai kehidupan yang lebih baik. Beberapa menghadapi tantangan dalam bentuk kekurangan finansial atau aksesibilitas, sementara yang lain mungkin menghadapi diskriminasi berdasarkan kondisi fisik mereka.

 

Namun, dengan semua keterbatasan tersebut, perempuan-perempuan ini tidak menyerah dan terus berjuang untuk meraih impian. Mereka mencari cara untuk mengatasi rintangan dan membangun masa depan yang lebih baik untuk diri sendiri dan keluarga mereka. (Elly l Foto: Dok. L’Oréal Indonesia)