Kreasi Baru The Harmony Collection dari The Macallan Terinspirasi Kopi Arabica

 

Setiap tahunnya, The Macallan selalu mempersembahkan koleksi terbatas. Produsen whisky asal Skotlandia ini kembali meluncurkan edisi kedua The Harmony Collection pada Kamis (9/2/2023) di Jakarta. 

 

Sebelumnya, koleksi perdana The Harmony Collection terinspirasi kakao. Rich Kakao yang pertama dirilis diikuti Fine Cacao pada awal tahun ini. Selalu menawarkan keunikan tersendiri, koleksi whisky single-malt terbaru The Macallan Harmony Collection Inspired by Intense Arabica dan The Macallan Harmony Collection Smooth Arabica.

 

BACA JUGA:

1000 Perempuan Berlari Bersama dalam AIA Vitality Women’s 10K

Padukan Otomotif dan Fashion Mazda Indonesia Hadirkan Produk dan Acara Eksklusif di GAIKINDO Jakarta Auto Week 2023

 

Merayakan dunia kopi, koleksi edisi kedua ini terinspirasi dari karakter biji kopi Arabika asal Etiopia. Steven Bremner, whisky maker The Macallan, berhasil menciptakan whisky dengan rasa tajam yang cocok dengan kopi. 

 

Steven menyelami keunikan kopi dengan mengadakan masterclass bersama ahli-ahli kopi terkemuka di The Macallan Estate. Dia menjelajahi  perjalanan proses biji kopi yang menakjubkan, mulai dari perkebunan hingga tersaji di cangkir, termasuk beragam proses unik dan profil rasa yang berbeda pada tiap fasenya.

 

 

Mengambil inspirasi dari biji kopi Arabika asal Etiopia, negara yang dikenal sebagai tanah kelahiran kopi, Steven memilih dan mengombinasikan kayu barel dari pohon ek asal Amerika dan Eropa demi mendapatkan rasa khas whisky single-malt. Inspired by Intense Arabica mengingatkan akan rasa manis, namun kuat dari espresso, dengan tingkat ABV (Alcohol by Volume) tinggi, yaitu 44%. 

 

Sementara Smooth Arabica menyajikan perpaduan rasa dari kopi americano yang lembut dan sedikit berbumbu, dengan tingkat ABV 40%. Kedua varian ini dapat disajikan bersama kopi, memberikan cara baru menikmati whisky The Macallan.

 

BACA JUGA:

Hadirkan Art Space di GJAW 2023 MG Undang Decak Kagum Pengunjung

Rayakan Ulang Tahun ke-11, Lazada Indonesia Hadirkan “11 Epic Deals” dan Banyak Promo Menarik

 

“Untuk menciptakan edisi kedua dari The Harmony Collection yang terinspirasi dari kopi, saya mencari rasa pekat dari barel tradisional The Macallan yang terbuat dari kayu pohon ek sherry asal Eropa yang menghadirkan elemen kopi, digabungkan dengan sentuhan rasa manis dan note vanila dari kayu ek sherry asal Amerika untuk pengalaman yang lebih seimbang dan sempurna,” ungkap Steven.

 

“Tiap kreasi terbaru The Macallan ini telah dipasangkan bersama (pair) dengan dua kopi Etiopia berbeda yang mampu menonjolkan rasa unik dari sang whisky ketika dinikmati secara berdampingan, menciptakan pengalaman sensorial baru yang menarik dari The Macallan,” lanjutnya.

 

Dalam acara peluncuran di Jakarta, Women’s Obsession diajak untuk menikmati pairing dengan kopi arabica dari Jambi dan popcorn yang menjadi snack pelengkapnya, seperti tradisi budaya Etiopia. 

 

 

Sebagai wujud penghargaan terhadap kopi selaku inspirasi utama, kreasi terbaru The Macallan ini hadir dengan kotak yang didesain dengan indah, menggunakan kulit biji kopi yang merupakan limbah produksi kopi. Michele Posocco, ahli kertas dari pabrik kertas Italia Favini, berkolaborasi dengan The Macallan dalam menciptakan kemasan yang inovatif. 

 

Kemasan Inspired by Intense Arabica menggunakan warna merah pantone yang cerah untuk mencerminkan kopi dengan rasa buah, sementara kemasan Smooth Arabica menggunakan warna hijau terang, melambangkan biji kopi yang tidak dipanggang.

 

The Macallan Harmony Collection Inspired by Intense Arabica dan The Macallan Harmony Collection Smooth Arabica sudah tersedia di The Macallan Estate Bar, The Macallan Online Boutique dan di gerai-gerai retail premium, bar dan restoran-restoran di seluruh dunia sejak bulan Oktober 2022.