Ruangguru Dorong Pendidikan Jadi Lebih Baik

Ruangguru yang saat ini memiliki 38 juta pengguna terdaftar dan diakses hingga 200 juta kali per bulan, resmi merilis laporan ‘Dampak Ruangguru 2021’ . Beberapa dampak sosial berhasil diciptakan oleh perusahaan yang didirikan pada  tahun 2014 ini.

 

Adamas Belva Syah Devara, Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru menjelaskan, “Laporan Dampak ini merupakan bentuk pertanggungjawaban dan komitmen sosial dari berbagai produk, program, dan inisiatif sosial yang telah dihasilkan oleh Ruangguru sepanjang tahun 2021. Berbagai dampak yang dihasilkan ini tidak lepas dari kerja sama yang solid dari seluruh tim Ruangguru di berbagai daerah di Indonesia dan berbagai mitra pemerintah, swasta, dan masyarakat sipil”.

 

Dari tiga pilar yang ada, dampak pertama tentu dari lini pendidikan. Di mana Ruangguru menyediakan modul pelatihan gratis untuk para guru yang saat ini telah diakses oleh lebih dari 340 ribu guru. Selain itu, ada pula beasiswa pendidikan afirmatif kepada 21 ribu pelajar, dan LMS (Learning Management System) ruangkelas yang digunakan oleh 38 ribu sekolah di seluruh Indonesia.

 

Baca Juga:

Nongshim Gerakkan Followers Tumbuhkan Empati Sosial

Mendorong Masyarakat Hidup Lebih Sehat

 

 

Kedua, ada pilar konten berkualitas. Berisi konten pendidikan yang komprehensif dan terdiferensiasi antar jenjang dan bidang. Menurut data yang dirilis, melalui fitur Adapto, Ruangguru berhasil meningkatkan waktu belajar hingga 85% sejak diluncurkan pada tahun 2017 lalu. Penerimaan para siswa/i di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pun mengalami peningkatan sebesar 85%.

 

Terakhir ada pilar kebekerjaan, di mana terdapat lebih dari 300 program pelatihan kesiapan dan keterampilan kerja yang telah digunakan oleh jutaan pengguna. Di pilar ini, berbagai bimbingan dilaksanakan dan dalam jangka waktu tiga bulan setelah pelatihan, 43% peserta berhasil membuka usaha kecil dan menengah dan 32% peserta mengalami kenaikan pendapatan.

 

Dia melanjutkan, “Masih banyak pekerjaan rumah yang perlu dibenahi. Dengan tekad untuk terus memajukan kualitas pendidikan di Indonesia, semangat kami terus berkobar melihat deretan prestasi gemilang hasil kemitraan strategis dengan para pemangku kepentingan, penggiat dunia pendidikan, dan mitra lain yang berbagi visi serupa dengan kami. Kami berterima kasih kepada para mitra atas kolaborasi yang terjalin selama ini. Di tahun 2022, kami berharap semangat kolaborasi ini dapat terus terjaga sehingga bersama-sama kita dapat menjangkau lebih banyak penerima manfaat dan menciptakan dampak positif yang berkelanjutan bagi pendidikan Indonesia.”