JFW 2023 Siap Tampilkan Ratusan Desainer Secara Offline dan Online di Metaversa

 

Jakarta Fashion Week (JFW) sudah lama dikenal sebagai ruang lebur untuk kreasi mode dari berbagai negara. Dan kini Jakarta Fashion Week 2023 tinggal menghitung hari. Diadakan secara offline, tahun ini bertempat di City Hall, Level 5, Pondok Indah Mall III, Jakarta Selatan, dari tanggal 24–30 Oktober 2022 mendatang.

 

Sejauh ini, komite JFW 2023 mencatat 34 show dari sekitar 116 label dan perancang mode, baik nasional maupun internasional. Dan akan mempresentasikan lebih dari 1600 tampilan koleksi terbaru karya pegiat mode.

 

“Panggung kami terbuka bagi para perancang mode, tidak hanya dari Indonesia, namun juga dari berbagai negara, termasuk Australia dan Korea Selatan. Tentunya hal ini diharapkan dapat memperkuat kedudukan Jakarta Fashion Week sebagai ajang mode paling berpengaruh di Asia Tenggara yang patut diperhitungkan di mata dunia,” ujar Svida Alisjahbana, Chairwoman Jakarta Fashion Week dan CEO GCM Group.

 

BACA JUGA:

Y2K Fashion is Back!

Item Ikonik Favorit Pencinta LifeWear Uniqlo

 

Beberapa nama yang akan ikut serta, di antaranya Jeffry Tan, Benang Jarum, dan Sejauh Mata Memandang. Tak ketinggalan para desainer dari Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI), yakni Sebastian Gunawan, Didi Budiardjo, Ivan Gunawan, dan masih banyak lagi. Ada juga perancang mode internasional yang akan meramaikan runway tahun ini, seperti Ngali by Denni Francisco dari Australia dan St. Ego serta Doucan dari Korea Selatan. 

 

Dewi Fashion Knights yang dinantikan kali ini mengusung dua kategori. Pertama, kategori High End Ready to Wear bertema ‘Fashion Mutation’ yang diterjemahkan dalam koleksi-koleksi apik karya Peggy Hartanto, Sean Sheila, serta Aidan and Ice. Kemudian kategori adibusana pada malam penutup bertema ‘Future Couture’ yang menampilkan karya terbaik Rinaldy A. Yunardi, Yogie Pratama, dan Stella Rissa.

 

“Tema utama JFW 2023 ini cukup menantang, yaitu Fashion Reformation. Jadi kami ingin memastikan mereka yang tampil bisa menerjemahkan tema ini dengan tepat. Para perancang mode yang tampil sudah kami kurasi dengan ketat, termasuk mereka yang berkolaborasi dengan para mitra Jakarta Fashion Week,” ungkap Andandika Surasetja, Creative Director Jakarta Fashion Week.

 

 

Penyelenggaraan JFW ini disambut baik oleh berbagai mitra, termasuk Daliatex dan Asia Pacific Rayon yang sudah kerap terlibat dengan Jakarta Fashion Week sebagai mitra tekstil. “Kami bangga bisa kembali terlibat di JFW 2023. Tahun ini, kami kembali merangkul pasar modest wear. Pada kolaborasi kali ini, kami akan mempersembahkan karya dari Kami Idea, Ria Miranda, dan Buttonscarves,” ungkap Devina Unjoto, Marketing Executive PT Daliatex Kusuma.

 

“Sebagai bagian dari industri yang fokus pada tekstil, keseharian kami tidak terlepas dari permintaan pasar mode. Karenanya, menunjukkan dukungan kami bagi perancang mode  Indonesia, tahun ini kami kembali meramaikan JFW 2023 bersama BT Batik Trusmi, Oline Workrobe, Frederika, dan Everyday,” tutur Evelyn Santoso, Head of Business Development SEA Asia Pacific Rayon.

 

BACA JUGA:

IN2MOTIONFEST Kolaborasi Baru ISEF

Gaun Ajaib Bella Hadid

 

Antusiasme mitra dan sponsor yang mendukung penyelenggaraan JFW 2023 tahun ini secara offline merupakan bukti konsistensi dukungan mereka terhadap industri kreatif Indonesia. Apresiasi saja tidak cukup untuk mewujudkan akselerasi industri, JFW 2023 juga menyediakan pop up retail space melalui program Fashionlink dan Dewi Luxe Market selama penyelenggaraan JFW 2023, bekerja sama dengan e-commerce Lazada untuk mengakomodasi pembeli.

 

Kolaborasi juga kembali dilakukan bersama Kedutaan Besar Australia di Indonesia. “Melanjutkan semangat kolaborasi, tahun ini Kedutaan Besar Australia mengajak perancang mode Denni Francisco dengan koleksinya Ngali dari Australia, dan Auguste Soesastro, serta Friedrich Herman, perancang mode alumni Australia, untuk tampil di JFW 2023. Koleksi yang akan ditampilkan menunjukkan kreativitas luar biasa dari para perancang Australia dan Indonesia,” tutur Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams PSM.

 

Tahun ini JFW turut menggaet mitra otomotif terkemuka, Mazda. Produk otomotif yang lekat dengan fashion ini merupakan mitra yang telah beberapa kali turut serta meramaikan panggung JFW. “JFW adalah ajang mode yang sangat ikonis dan prestisius, sama seperti Mazda. Fashionable, iconic, and elegant. Tentunya kami akan membawa beberapa kejutan tahun ini tentang terobosan teknologi otomotif terbaru dari Mazda. Kejutan ini nantinya akan diungkap bersamaan dengan kolaborasi fashion kami bersama Yosafat Dwi Kurniawan dan Jeffry Tan,” ungkap Ricky Thio, Managing Director of PT Eurokars Motor Indonesia.

 

 

Terus berinovasi seiring kemajuan teknologi, Jakarta Fashion Week 2023 mulai terjun di metaverse. Bekerja sama dengan WIR Group, perusahaan teknologi berbasis Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI), melalui Nusameta, ekosistem metaverse Indonesia.

 

JFW 2023 didukung pula oleh Make Over, Wardah, L’Oreal Professionnel, Ponds Age Miracle, Artisan Pro, Lazada, Korea Content Creative Agency (KOCCA), Korea Foundation for International Culture Exchange (KOFICE), Institut Français Indonesia, Istituto Marangoni, TikTok, dan Vidio.