Dari Dunia Serangga Papermoon Puppet Theatre Bawa Isu Lingkungan dalam Helateater 2023

 

Tampil sebagai pertunjukan pamungkas Helateater 2023, Papermoon Puppet Theatre mempersembahkan lakon 'A Bucket of Beetles' pada Minggu (12/3/2023) di Teater Salihara, Jakarta.

 

Pertunjukan ini menyajikan kisah tentang persahabatan antara Wehea dan seekor kumbang hutan. Tidak hanya menonjolkan kisah persahabatan, drama ini juga menyajikan hubungan antara manusia dan alam.

 

BACA JUGA:

Helateater 2023 Angkat Isu Gender dan Pelestarian Lingkungan

Jalinan Kusam di Lemari Sosi Kisahkan Tantangan Para Perempuan

 

Kisah sederhana ini mengajak kita bertanya-tanya: apakah kita sudah cukup menjaga air, tanah, dan udara kita?

 

Produksi ini sebelumnya disajikan secara virtual dengan live streaming performance dari studio Papermoon Puppet di Yogyakarta 2020 lalu. Pada rangkaian Helateater kali ini, 'A Bucket of Beetles'  ditampilkan secara langsung di atas panggung Teater Salihara.

 

 

Menjadi bagian dari Helateater 2023, ini menjadi pertunjukan offline pertama setelah pandemi. Lakon ini baru akan dipentaskan lagi secara offline di Yogyakarta nanti.

 

Pertunjukan ini terinspirasi dari imajinasi Lunang Pramusesa yang senang mengamati dunia binatang. Anak laki-laki pasangan Maria Tri Sulistyani (Ria) dan Iwan Effendi ini begitu lancar mendalang meskipun baru berusia lima tahun.

 

 

Iwan mengatakan beberapa desain karakter adalah buatan Lunang sendiri yang diarsipkan sejak lama. Desain itu kemudian diprint dalam bentuk 3D dan dirakit oleh Anton Fajri.

 

Percaya bahwa fungsi seni itu membangun empati, Papermoon Puppet Theatre ingin penonton bebas mencari relasinya sendiri dengan kenyataan masing-masing.

 

BACA JUGA:

Presentasi Karya Seni Luar Ruang Art Jakarta Garden Pukau Pengunjung

Pameran Seni Luar Ruang Art Jakarta Garden 2023 Resmi Dibuka

 

Papermoon Puppet Theatre sendiri sampai saat ini telah menciptakan lebih dari 30 pertunjukan boneka dan instalasi serta pameran seni visual dan telah kelilingi ke lebih dari 10 negara. Pada 2008, Papermoon Puppet Theatre menggagas program Pesta Boneka, sebuah biennale boneka internasional yang menyambut para seniman boneka dari seluruh dunia untuk ditampilkan di Indonesia.