Cegah Sakit Tenggorokan Selama Ramadhan

 

Ramadan adalah momen ketika banyak orang berlomba-lomba berbuat kebaikan. Pada bulan penuh berkah ini, kebaikan sekecil apa pun dikatakan akan mendapatkan pahala berlipat ganda. Misalnya mengingatkan untuk menjaga kesehatan, agar puasanya lebih optimal.

 

Namun, pada bulan Ramadan juga ada gangguan kesehatan yang umum terjadi pada mereka yang sedang berpuasa, seperti sakit tenggorokan. Biasanya hal ini diakibatkan infeksi bakteri atau kuman, kurang minum, dan gangguan asam lambung. Rangsangan pada tenggorokan seperti konsumsi makanan terlalu pedas, terlalu dingin, dan terlalu panas juga dapat mengakibatkan sakit tenggorokan.

 

BACA JUGA:

Tips Makanan Lezat Bernutrisi di Bulan Ramadhan

Jangan Abaikan Deteksi Dini untuk Atasi Kanker

 

Gia Pratama dalam konferensi pers #JanganBerhenti Sedia Kebaikan Bersama Betadine pada Kamis (16/3/2023) menyampaikan bahwa pada saat puasa, kesehatan tenggorokan dan rongga mulut harus lebih diperhatikan. Kita harus mencermati jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi dan menjaga kondisi flora normal (bakteri baik) pada mulut.

 

Kontaminasi bakteri dan virus jahat akan makin mudah terjadi jika tubuh kita kekurangan cairan atau dehidrasi yang mengakibatkan jumlah air liur di mulut berkurang. Ditambah kebiasaan masyarakat Indonesia yang suka berbuka dengan gorengan dan minuman manis, menambah risiko nyeri tenggorokan.

 

 

Selain itu bagi pengidap asam lambung perlu diwaspadai, karena asam dari lambung dapat naik yang menyebabkan iritasi pada dinding kerongkongan, sehingga menyebabkan nyeri saat menelan.

 

“Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan tenggorokan dan rongga mulut secara rutin selama berpuasa dengan cara berkumur dengan larutan yg memiliki kandungan Povidone-Iodine yang efektif membunuh kuman dan bakteri sehingga dapat meredakan nyeri tenggorokan, mencegah sariawan dan menghilangkan bau mulut,” tuturnya lebih lanjut.

 

BACA JUGA:

Hipertensi ‘Sang Pembunuh Senyap’ Bisa Dicegah Sejak Dini

Si Manis Nikmat yang Bisa Bikin Gawat

 

Untuk menjaga kesehatan tenggorokan dan mulut, salah satu hal yang dapat dilakukan adalah menggunakan Povidone-Iodine sebagai pertolongan pertama untuk gangguan tenggorokan. Gargle atau berkumur dengan Povidone-Iodine terbukti secara klinis dapat membunuh kuman penyebab sakit mulut dan tenggorokan juga mencegah penyebarannya.

 

Gargling dapat dilakukan dengan 20 ml larutan Povidone-iodine selama 30 detik. Oleh karena itu penting bagi masyarakat Indonesia untuk selalu sedia mouthwash dengan kandungan Povidone-Iodine dan rutin melakukan gargle 2 kali sehari selama berpuasa, yakni saat sahur dan setelah berbuka untuk mengurangi risiko pertumbuhan jamur, bakteri, dan virus di tenggorokan dan rongga mulut,” tambah dr. Gia Pratama.