Konsep Ramah Lingkungan di Konser Coldplay

Konser Coldplay yang akan berlangsung pada 15 November 2023 mendatang kini tengah menjadi topik perbincangan hangat. Salah satunya adalah tentang konsep ramah lingkungan yang diterapkan band asal Inggris tersebut. Sejak berhenti melakukan konser beberapa tahun lalu, para anggota band berjanji akan melakukan konser yang lebih ramah lingkungan dan rendah jejak karbon.

 

Pada konser bertajuk ‘Music of the Spheres World Tour’ ini Coldplay telah mengganti xyloband dan gelang bercahaya yang digunakan pada konser-konser sebelumnya dengan fixmob yang dianggap lebih ramah lingkungan.

 

 

Baca Juga:

Penuh Sentuhan Magis Musik Etnis Sunda, Sara Fajira Nyanyikan Ost Mantra Surugana

Menginap yang Seru dan Istimewa di Serviced Residences Singapura

 

 

Gelang-gelang yang digunakan para penonton juga 100% terbuat dari bahan nabati yang bisa didaur ulang. Selain itu, produksinya juga dikurangi hingga 80% dengan cara mengumpulkan kembali gelang-gelang tersebut setelah konser, mensterilkan, hingga mengisi ulang dayanya usai pertunjukan.

 

Tidak hanya itu, Coldplay juga menggunakan lantai dansa kinetik dan sepeda statis. Keduanya digunakan, karena lantai kinetik mampu mengubah gerakan yang dihasilkan para penggemar menjadi baterai yang dapat dipakai untuk mendukung keperluan listrik saat pertunjukan. Termasuk dengan adanya sepeda statis, para penonton bisa mengayuhnya sembari mendengarkan lagu yang dibawakan.

 

Selain itu, dari setiap satu tiket yang terjual, maka akan ada satu pohon yang ditanam. Artinya, jumlah pohon yang didonasikan berjumlah sama dengan penonton yang memenuhi arena konser. Ini merupakan cara Coldplay menekan dampak karbon yang tidak bisa dihindari akibat tur konsernya. Penanaman pohon tersebut dilakukan di berbagai tempat seperti California, Haiti, Rumania, dan Brasil.

 

Berpegang pada tiga prinsip sustainability yang mereka kedepankan, yaitu reduce, reinvent, dan restore. Coldplay juga meminta promotor memperkenalkan aerator, toilet dengan pembilasan rendah, dan pengurangan tekanan air untuk mengurangi pemborosan air pada toilet yang digunakan selama acara.