Memanjakan Pencinta Kudapan Manis Medan

 

Sukses menarik perhatian pencinta kuliner di Jakarta, Jakarta Desert Week (JDW) secara perdana melebarkan sayapnya ke luar Jakarta, melalui festival serupa berformat restaurant week di Medan Dessert Week (MDW) selama 18 Mei - 4 Juni 2023. 

 

MDW akan dibuka dengan keramaian Dessert Markt: A Pop-Up by Medan Dessert Week pada 18-21 Mei 2023 di Sun Plaza. Bazaar ini akan melibatkan lebih dari 60 pelaku industri dessert dan pastry. Desert Markt merupakan IP terbaru dari JDW awal tahun ini, sebagai platform berniaga bagi emerging brands.

 

BACA JUGA:

Pengalaman Kuliner Berbuka Puasa Tak Membosankan di St. Regis Jakarta

Dua Produk Baru Green Rebel Dukung Mindful Eating

 

Metodologi yang diterapkan pada JDW juga diterapkan di MDW, yaitu para penyelenggara melakukan proses kuratorial pada restoran, kafe, dan toko kue yang dianggap memiliki narasi dessert yang baik. Menurut Co-Founder JDW & MDW, Gupta Sitorus, pendekatan metodologi bisa saja berubah di kota berbeda lainnya, mengikuti kondisi dan modernitas kota tersebut.

 

Sebagai perpanjangan dari JDW, MDW merupakan platform kreatif yang dibuat atas inisiatif para pendirinya, yakni Gupta Sitorus, Talita Setyadi, Primo Rizky, Kevindra Soemantri, dan Tria Nuragustina. Dalam jumpa media di TS Cafe by Talaga Sampireun Menteng, turut diperkenalkan mitra penyelenggara, Albert Arden, pegiat di industri ekonomi kreatif di Medan (11/04/023).

 

 

“Dengan talenta lokal yang sarat potensi, tawaran dessert dan pastry di Medan begitu berwarna. Kami ingin Medan tak sekadar kue tradisional, tapi juga dikenal dengan dessert modernnya,” ujar Albert.

 

Fine patisserie sudah dimulai lama di Medan. Bahkan sebelum saya berkuliah tahun 2010, Harper and Cordon telah dibuka di Medan. Bersama La Maison Patisserie dari Medan, keduanya sudah merambah ke Jakarta. MDW menjadi cara mengoneksikan para pelaku dan ke depannya membentuk dessert scene di Indonesia,” ujar Talita, salah satu pendiri JDW yang juga pendiri BEAU Bakery.

 

BACA JUGA:

The Balvenie Sajikan Wiski Racikan Warisan Terbaik di Tanah Air

Nikmatnya Kreasi Daging & Sayuran Asal Australia

 

JDW adalah pelopor sekaligus satu-satunya festival dessert di Indonesia yang setiap tahunnya mengusung tema tertentu yang melandasi kreasi limited edition menu. “Serupa dengan JDW, partisipan MDW ditantang untuk menciptakan limited edition menu tematik,” ungkap Gupta Sitorus, Co-Founder JDW & MDW. Tema MDW tahun ini akan diungkap di Instagram JDW.

 

MDW dan Desert Markt di Sun Plaza diharapkan dapat mengangkat pelaku dessert lokal, mempromosikan kekayaan kuliner lokal, memperkenalkan kreasi dessert inovatif, serta menginspirasi komunitas kuliner dengan berbagai kegiatan menarik. Melalui berbagai kudapan manis yang memukau, keduanya diharapkan dapat menjadi salah satu atraksi bagi turis yang ingin menjadikan Kota Medan sebagai destinasi wisata kuliner mereka. (Elly | Foto: Dok. JDW & MDW)